Jumat, 03 Agustus 2012

Burung Murai oh Murai Medan...

Aku mau sedikit bercerita tentang pengalaman ku, semoga bisa berguna bagi para kicau mania semua, terutama bagi yang masih pemula dan memilih burung murai sebagai peliharaan nya. Aku belum lama kenal dunia perburungan. Dari sharing kemana mana ternyata burung yang punya kelas saat ini itu namanya burung Murai Medan. Baru pertama kali ini aku ingin memelihara burung murai, tidak disangka ternyata dari memelihara burung murai saja, aku sudah harus belajar banyak waktu, pikiran dan biaya guna untuk mendapatkan se ekor burung murai yang jenis nya dan katanya namanya itu: Murai Medan Super.
Pertama beli dari seorang teman, itupun dapat info kalo temenku itu punya se ekor burung murai yang top katanya. saat itu aku ingat sedang hujan, angin besar dan sedikit petir tetap aku terjang karena ingin melihat langsung ke rumah temanku itu. setelah sampai memang burung murai nya dahsyat punya, gacor habis, itu teman cerita kalo dari pagi sampai sore selalu rame bunyinya, karena tertarik akhirnya aku beli, karena suka, harga nomor dua, aku pinang harganya mahal 1,5jt. Dengan hati berbunga aku bawa pulang tuh burung. Tiap hari di rumah rame sepanjang hari bunyi. pas satu bulan di rumah, ada teman datang dan karena denger tuh murai bunyi rame, akhirnya dia ke halaman belakang rumah utk melihat nya, eehh dia bilang gini: aduh sayang, kirain murai medan. ternyata usut punya usut ternyata itu murai Borneo jenis kalimantan punya kata temanku, dan ternyata itu burung murai dari kasta "terendah" di kelas murai....Lemes dengernya.
Karena "penasaran" aku cari lagi murai yang lain, yang kedua aku beli lagi salah lagi, ternyata Murai Jambi...,waduh dari situ aku lebih aktif cari info bagaimana ciri murai medan itu sebenarnya..
Akhirnya dapat info kalo murai medan itu ekor nya panjang, ya sudah akhirnya hunting ke pasar dan kios burung, dan menemukan murai ekor panjang, yakin sekarang itu benar murai medan, aku bawa pulang. setelah dua minggu dirumah, ada seorang teman lagi yg saat main ke rumah dan melihat, eh kata dia itu murai Lampung Super....capeeek deeeh hehehee..
Akhirnya aku dapatkan juga murai medan dari seorang pengepul di daerah cibinong bogor, senang banget rasanya, tapi aku dapat murai medan yang masih muda, muda hutan. belum terlalu rajin bunyinya, masih kalah jauh dengan murai borneo yang kubeli. tapi memang suaranya kalah lebih enak yang murai medan sekarang..
Dari pengepul nya aku dapat banyak pelajaran ciri murai medan, mulai dari panjang ekor hingga corak ekor hitam nya, postur dan suaranya...
Karena hati lagi senang, waktu diberitahu ada murai medan lagi, akhirnya aku beli lagi murai medan yang kedua di tempat yang sama. begitu melihat burung nya, ada pertanyaan dihati, yang murai pertama ekornya panjang dan lurus , sedangkan murai medanku yang kedua ini ekor nya sedikit melengkung. kalo ada teman yang main kerumah, mereka selalu ingin "meminang' burung murai ku yang ekornya melengkung. aku jadi bertanya, ada keistimewaan kah dengan burung murai yang ekor nya melengkung..?
Terlalu banyak burung murai di rumah katanya gak bagus, akhirnya aku jual satu persatu, tinggal satu ekor saja yg dirumah, yaitu murai medan ku yang ekor nya melengkung, sekarang sedang mabung dan proses dorong ekor..,sekilas penampakan burung murai medan ku :

 murai medan ekor lurus



 murai medan ekor melengkung







murai medan ekor melengkung ku saat ini (dorong ekor)





itu lah sekilas pengalaman ku yang baru belajar dunia perburungan, semoga menjadikan pelajaran bagi sesama pemula yang baru masuk dalam kicau mania, semoga bermanfaat..


7 komentar:

  1. om Jacky,
    aku minta kontak no.nya pengepulnya boleh?
    yg ekor lengkung bagus om jack.
    ade - 089603005307

    BalasHapus
  2. om Ade, pengepul nya namanya Haji Rudi, tlp: 087873213933
    kalo dengan beliau bisa tanya banyak hal tentang dunia kicau, orang nya ramah..,kalo ingin beli burung bagusnya pantau langsung, khusus murai harus telpon dulu, tanya kapan murai datang, jangan langsung ke TKP karena ditakutkan pas murai nya lagi kosong..

    BalasHapus
  3. Maen kerumah om Jack, sharing2 dirumah cz dirumah ada 2 murai medan juga "kta penjualnya", yg satu badannya agak kecil & yg satu lagi badannya agak besar, CP:085717294353 Ade, PIN:24CC287A, Posisi saya di citeureup.

    BalasHapus
  4. om jack, alamat dimana?
    saya didramaga pingin belajar tentang murai dari anda om.
    085747131046.
    trmakasih om

    BalasHapus
  5. Om sya tri dr TGR..
    bisa tolong info alamt pengepulnya gak..kali aja sya da waktu & budget bs pesan + OTW ksana ..
    makasih Om klo sdh dijawab..

    BalasHapus
  6. alamat haji rudi, dimana om jeck....?

    BalasHapus